Semarang. Setiap usaha pasti memiliki strategi sendiri
untuk menggaet pasar. Seperti yang dilakukan Singgih Aris Nugroho, motor Honda
Grand keluaran Tahun 1996 miliknya dirombak total sebagai mascot di bengkel
modifikasi miliknya, perombakan yang dilakukan sangat ekstrem motor Honda Grand
yang basicnya motor bebek disulap menjadi motor berbasis sport. “Motor ini akan
aku jadikan mascot di bengkel, ubahannya juga harus dilakukan secara
total,”buka Singgih sang modifikator selaku pemilik Versus Modified.
Bentuk motor sport terinspirasi oleh motogp yang lagi trend sekarang ini. Tak
salah jika mascot di bengkel juga haris motor sport supaya bisa menarik
konsumen order ke bengkel. Kini kesan motor bebek bisa dibilang telah lenyap
dilibas oleh balutan fairing berbahan fiberglass ini, konsepnya mengadopsi
punya Honda CBR 600RR, pabrikan asal Jepang yang mempunyai logo sayap ini di
Indonesia sangat diakui kecanggihannya dan terbukti penjualannya juga meningkat
setiap tahun. Konsep yang diambil motor sport otomatis barang yang bisa
dipertahankan hanya mesin saja yang lain wajib diganti sesaui dengan ide awal.
Ubahan awal melepas semua bodi dan komponen yang lain, perangkat yang masih
mesin Honda Grand untuk rangka dibuatkan baru untuk mendukung tampilan motor
sprot. “Untuk melakukan modifikasi dengan basic motor bebek harus benar-benar
jeli dan presisi saat menuangkan ide ke bantuk yang sesungguhnya, komposisi dan
dimensi juga harus tepat,”ungkap Singgih Aris sang modifikator asal Semarang.
Alat yang dibutuhkan adalah mal untuk membuat fairing dari
fiberglass, pembuatannya juga harus presisi, agar pas dan tidak kedodoran saat
dipasang mal harus dipasang di fairing. Langkah berikutnya bagian kaki-kaki
diaplikasikan peredam kejut punya Yamaha RX King di bagian depan sedang untuk
shock bagian belakang punya Jupiter MX. “Pemilihan shock depan dan belakang
disesuaikan dengan dimensi motor sehingga motor tidak terasa berat,”jelas
Singgih Aris.
Bagian terakhir di lengan ayun untuk bagian ini dibuatkan dari plat besi dengan
ketebalan 2,5 mm, sedang untuk headlamp depan dari Yamaha Jupiter Z nah untuk lampu
belakang masih mengandalkan punya Honda Grand. “Kini motor sport sudah ready
untuk saya jadikan mascot di bengkel, semoga dengan adanya mascot ini banyak
konsumen yang datang ke bengkel,”tutup Singgih Aris.
Data Modifikasi
Modifikator : Versus Modified Jl.Barito Raya Semarang (02470265279)
Cakram Depan : PSM
Cakram Belakang : Mega Pro
Pelek : Sprint
Ban : Swallow 110/70-17, 130/70-17
Head Lamp : Jupiter Z
Stop Lamp : Sabit Grand
Takometer : Yamaha V-Ixion
Bodi : Fiberglass
Lengan Ayun : Handmade


Tidak ada komentar:
Posting Komentar